Yuk Move On dari Kebiasaan Buruk dengan 5 Cara Mudah Ini

Kebiasaan buruk adalah salah satu faktor utama yang seringkali menghambat kamu mencapai tujuan di dalam hidup kamu

Yuk Move On dari Kebiasaan Buruk dengan 5 Cara Mudah Ini
via unsplash.com (Danka & Peter)

Kebiasaan buruk adalah salah satu faktor utama yang seringkali menghambat kamu mencapai tujuan di dalam hidup kamu. Nah, Zoya punya tips nih buat kamu yang pengen move on dari kebiasaan buruk lewat 5 cara sederhana di bawah ini.

Selesaikan setiap kalimat dengan kata ‘tapi’

via pinterest.com

“Maksudnya apa sih Zoya? Nggak ngerti deh.”

Jadi gini loh, kamu pasti sering kan mengeluh tentang kekurangan kamu, misal, “Aku tuh badannya gendut.”

Nah tugas kamu di sini adalah menambah kata ‘tapi’ dengan kalimat tambahan di belakangnya. Contoh: Aku tuh badannya gendut, tapi aku bisa kurus dalam beberapa bulan dari sekarang.

Hal ini penting dilakukan supaya kamu nggak selalu melihat segala sesuatu dengan sudut pandang yang negatif. Kamu pun punya cara pandang baru, bahwa hal yang negatif bisa kamu ubah menjadi positif kalau kamu mau berusaha.

Cari pemicu utama dari habit buruk kamu

via pinterest.com

Misal, kamu orangnya sering banget bangun kesiangan, dan ini berakibat sama telatnya kamu buat datang ke sekolah. Kamu cari tuh pemicunya, kenapa kamu bisa kesiangan. Mungkin malam sebelumnya kamu suka keasyikan chatting sampai larut malam, nah yang kamu perlu ubah adalah kebiasaan chatting tersebut.

Buatlah semacam tantangan kecil untuk diri kamu sendiri selama 1 bulan

via pinterest.com

Nggak usah banyak-banyak, 1 tantangan aja dulu. Kalau kamu mau mengubah habit sebaiknya emang nggak sekaligus. Misal, kalau selama ini kamu terkenal sering terlambat datang ke sekolah, kamu bisa membuat semacam tantangan selama 30 hari untuk selalu bangun pagi dan nggak pernah datang telat sekalipun. Kebiasaan yang terus berulang selama 30 kali biasanya akan menjadi habit baru yang akan melekat di diri kamu. Tapi ingat, sekali kamu gagal kamu perlu mengulang menghitungnya dari awal ya!

Komitmen sama tantangan yang udah kamu buat

via wpengine.com

Ini penting nih Girls, kamu harus komitmen untuk menyelesaikan apa yang udah kamu mulai. Jangan lupa untuk membuat kolom task, biar kamu bisa ngeliat sudah seberapa jauh kamu berhasil berjuang. Seru ‘kan?

Beri hadiah ke dirimu sendiri saat kamu berhasil menyelesaikan tantangan

via pexels.com

Kamu bisa mengajak mama berkerjasama untuk ngasih hadiah kalau kamu bisa menyelesaikan tantangan yang udah kamu buat sesuai target. Misal, kalau kamu berhasil selama 30 hari nggak pernah kesiangan dan terlambat datang ke sekolah sekalipun mama bakalan ngasih hadiah sesuatu yang kamu perlukan. Tapi ingat, hadiahnya jangan yang justru memicu kebiasaan buruk baru ya Girls.

Gimana Girls, tertarik untuk memulai tantangan mengubah kebiasaan buruk menjadi kebiasaan baik? Tulis deh di kolom komentar apa hal yang ingin kamu ubah dalam waktu dekat.

Komentar

Reaksimu?

0 0
Penulis

Lupa Password

Silahkan masukkan nama pengguna atau alamat email anda. Anda akan menerima link untuk membuat kata sandi baru melalui email.