Kenalan Sama Tim Tari Ratoh Jaroe Yuk

Kenalan Sama Tim Tari IPDC Yuk! Pemenang 6 Penghargaan Kejuaraan Tari Internasional di Rusia

Kenalan Sama Tim Tari Ratoh Jaroe Yuk
via interfolk.interfestplus.ru

Beberapa waktu lalu dunia tari Indonesia sempat dihebohkan oleh kemenangan yang berhasil diraih para mahasiswa UII Yogyakarta di kompetisi tahunan yang diselenggarakan di kota Saint Petersburg, Rusia.

Kompetisi yang berlangsung pada tanggal 11 sampai 15 November 2016 ini diselenggarakan oleh Center of International Cooperation (INTER ASPECT), European Choral Association (EUROPA CANTAT), dan European Association of Folklore Festivals (EAFF). Festival ini juga didukung penuh oleh pemerintah kota St. Petersburg. Kira-kira penghargaan apa aja sih yang berhasil diraih oleh kakak-kakak ini? Kita liat sama-sama yuk!

Berlatih keras selama 7 bulan lamanya demi mempersiapkan diri sebelum ke Rusia

via solo.tribunnews.com

Sebelum bisa bertolak ke Rusia, kakak-kakak penari yang rata-rata merupakan mahasiswa jurusan Ekonomi UII ini sebelumnya harus berlatih keras selama 7 bulan. Ada tiga tarian dari Aceh yang dibawakan oleh mereka, di antaranya “Rapa’i Geleng”, “Tarek Pukat”, dan terakhir adalah “Ratoh Jaroe”.

Juara 1 Kompetisi Tahunan the 9th International Folklore Festival (Interfolk) di Rusia

via interfolk.interfestplus.ru

Kakak-kakak tim tari International Program DANCE Club (IPDC) dari Universitas Islam Indonesia (UII) yang beranggotakan 15 orang penari ini, pada November tahun lalu berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional, tepatnya di Saint Petersburg Rusia, lewat tarian Ratoh Jaroe.

Nggak cuman itu, tim ini juga berhasil memenangkan 5 penghargaan lainnya lho!

via international.uii.ac.id

Cuaca Moskow yang dingin dan seringkali ekstrim, ternyata nggak meyurutkan semangat para kakak-kakak dari UII ini. Terbukti nggak cuma 1 penghargaan aja yang berhasil mereka raih, mereka juga berhasil memenangkan 5 penghargaan di bawah ini!

  • First Prize for Folk Dance usia 18-45 tahun
  • Star of Interfolk 2016
  • Jury Prize for Best Accompaniment Music
  • Jury Price for Best Artistry
  • Jury Prize for Performance Maestry
  • dan Golden Diploma untuk kategori musik pengiring terbaik

Keren ya guys?

Berhasil mengalahkan tim tari profesional dari 8 negara!

via interfolk.interfestplus.ru

Ternyata saingan kakak-kakak ini berat juga lho! Nggak tanggung-tanggung, untuk kategori Folk Dance usia 18-45 tahun mereka harus bersaing dengan para penari profesional dari Tiongkok, Armenia, Iran, Mexico, Bulgaria, Estonia, Mesir, dan Rusia, dan mereka berhasil memenangkan kategori tersebut. Wow!

Dengan beragam penghargaan di atas yang berhasil diraih oleh kakak-kakak mahasiswa ini bikin kita sadar kalau sebenarnya kesenian tari dan seni dari bangsa kita emang nggak bisa disepelekan. Buktinya kita bisa mengalahkan para pesaing berat dari Eropa dan Asia lho! Hebat.

Ayo yang mau mengharumkan nama bangsa di kancah internasional sama seperti kakak-kakak di atas, mulai sekarang harus rajin latihan nari ya! Jangan lupa juga untuk bergabung di ekskul tari di sekolahmu.

Komentar

Reaksimu?

1 0
Penulis

Lupa Password

Silahkan masukkan nama pengguna atau alamat email anda. Anda akan menerima link untuk membuat kata sandi baru melalui email.