Buat Kamu yang Hobi Baca, 5 Buku Inspiratif Ini Bisa Kamu Tambahkan ke List Bacaanmu

Membaca nggak cuma akan menambah wawasan kamu tapi juga membantu kamu untuk berpikir kritis, dan melihat dunia dengan perspektif yang baru

Buat Kamu yang Hobi Baca, 5 Buku Inspiratif Ini Bisa Kamu Tambahkan ke List Bacaanmu
via pexels.com

Siapa nih di antara kamu yang suka baca? Maksudnya bacaan yang selain buku pelajaran ya! Membaca nggak cuma akan menambah wawasan kamu tapi juga membantu kamu untuk berpikir kritis, dan melihat dunia dengan perspektif yang baru. Nih Zoya kasih rekomendasi 5 buku oke buat nambahin list bacaan kalian biar kalian nggak cuma baca teen lit aja. Hehehe. Cek di bawah ya!

I Am Malala

via pinterest.com

Kalian tau siapa Malala? Itu lho, aktivis muda dari Pakistan yang merupakan peraih penghargaan Nobel termuda dunia. Malala Yousafzai ditembak oleh militan Taliban di bus saat dalam perjalanan menuju sekolah, karena keberaniannya menyuarakan tentang hak para perempuan untuk meraih pendidikan. Catatan memoarnya ditulis pada saat ia masih berusia 16 tahun, buku ini wajib dibaca untuk siapa saja, terutama para remaja seperti kamu yang mungkin memiliki impian untuk menyelamatkan dunia suatu hari nanti.

Laskar Pelangi

via pinterest.com

Nggak cuma terkenal di Indonesia, dan bahkan sampai difilmkan, novel karangan Andrea Hirata yang terinspirasi dari kehidupan masa kecilnya ini juga sukses di puluhan negara. Melalui buku ini kamu akan memahami kehidupan anak-anak yang tinggal di area terpencil, dan bagaimana mereka dapat melihat dunia dengan sudut pandang yang berbeda. Segala kesukaran hidup nggak mampu menghalangi kegigihan mereka untuk sekolah demi mencapai impiannya masing-masing.

Dunia Sophie

via pinterest.com

Apa yang terlintas di kepala kamu saat mendengar kata filsafat? Berat? Membosankan? Atau sesuatu yang sulit untuk dicerna? Well, melalui “Dunia Sophie” kamu akan belajar filsafat dengan cara yang paling menyenangkan dan mudah untuk dimengerti, no boring, no dull, it’s just fun. Buku ini akan membuka wawasan kamu mengenai dunia filsafat tanpa membuatmu mengantuk. Kapan lagi menghibur diri sambil belajar di saat yang berbarengan?

Catatan Harian Anne Frank

via pinterest.com

Seringkali kita didoktrin untuk melihat sesuatu hanya dari satu sisi, atau memusuhi suatu pihak tanpa mau menyelami sudut pandang mereka. Jika kamu ingin melihat dunia dari berbagai sisi, maka buku Catatan Harian Anne Frank adalah salah satu buku yang wajib kamu baca. Buku ini berisi catatan seorang  gadis remaja tanggung Yahudi bernama Anne Frank yang hidup di pengungsian, sejak ia berusia 13 tahun sampai sebelum kematiannya ketika ia berusia 14 tahun.

Catatan Seorang Demonstran

via goodreads.com

Buku yang berisi catatan harian seorang aktivis muda di  tahun 1960-an sejak ia duduk di bangku SMP ini akan membuat kamu mengerti dan mengenal situasi politik yang terjadi di Jakarta dan Indonesia pada era tersebut. Soe Hok Gie, sosok yang menulis catatan harian tersebut, merupakan salah satu mahasiswa yang berani menentang rezim Orde Lama. Lewat tulisannya yang tajam dan kritis, ia juga menulis di beberapa media massa. Buku ini merupakan bacaan wajib buat kamu yang ingin mengenal sejarah bangsa Indonesia secara jujur.

 

Girls, kalian sadar nggak kalau 3 dari 5 rekomendasi di atas merupakan catatan memoar atau catatan harian yang ditulis langsung oleh para anak muda dari 3 generasi yang berbeda?

Mereka mulai menulis di usia yang sama seperti kamu sekarang lho, bahkan Anne Frank dan Soe Hok Gie mulai menulis di usia yang lebih muda dari usia kalian.  So, Zoya tunggu tulisan kalian ya! Siapa tau di antara pembaca Zoya terdapat anak muda yang memiliki kapabilitas untuk mengubah dunia.

Komentar

Reaksimu?

0 0
Penulis

Lupa Password

Silahkan masukkan nama pengguna atau alamat email anda. Anda akan menerima link untuk membuat kata sandi baru melalui email.