5 Tindakan Sepele Saat Naik Gunung Ini Menunjukkan Kamu Cinta Tanah Air

Tanggung jawab yang kamu miliki untuk menjaga kelestarian alam yang kamu pijak dengan melakukan 5 tindakan sepele ini saat naik gunung

5 Tindakan Sepele Saat Naik Gunung Ini Menunjukkan Kamu Cinta Tanah Air
via instagram.com/prasthiwikunthi

Keindahan alam dengan suara burungnya yang merdu, udara yang bersih, serta pesona dan aura tersendiri yang kamu temukan saat mendaki, bikin kamu jadi ketagihan untuk menambah list gunung yang akan kamu taklukan. Kamu pun sadar betul dengan tanggung jawab yang kamu miliki untuk menjaga kelestarian alam yang kamu pijak dengan melakukan 5 tindakan sepele ini saat naik gunung…

Menjaga Edelweis dengan tidak memetiknya

via www.exploregunung.com

Saat teman-temanmu yang lain memetik bunga abadi ini sebagai oleh-oleh untuk pacar atau gebetan karena merupakan simbol cinta abadi, kamu udah sadar duluan bahwa semakin kamu mencintai sesuatu, semakin kamu ingin menjaganya, bukan malah merusak.

Kamu pun menyadari tindakanmu yang memilih untuk nggak ikut-ikutan memetiknya, secara nggak langsung merupakan bentuk kontribusi darimu dalam menjaga kelangsungan hidup si bunga Edelweis yang kini terancam punah.

Kamu yang cinta tanah air, dan bumi tempatmu berpijak akan menyadari bahwa membuang sampah sekecil apapun akan membawa pengaruh buruk bagi ekosistem alam

via www.phinemo.com

Semenjak film 5 CM booming di pasaran, banyak anak muda yang mendadak nekad mendaki ke gunung Semeru. Bagus sih, kalau kamu naik gunung bukan karena ikut-ikutan tren atau sekadar pengen eksis berfoto ria, tapi kalau kamu naik gunung cuma untuk terlihat keren dan menyetor banyak sampah, mending di rumah aja, daripada ikut-ikutan berkontribusi merusak alam.

Nah, kamu yang sayang sama Indonesia beserta keindahan alamnya akan sadar dengan hal ini, kamu juga sadar betul dengan peraturan pendakian, salah satunya adalah dengan membawa turun sampah masing-masing dan membuangnya ke tempat semestinya, bukan malah bikin Ranu Kumbolo jadi mirip bantar gebang.

Kamu nggak akan pernah kepikiran untuk mandi di danau, apalagi sampai pakai sabun

via kompasiana.com

Emang kenapa sih danau nggak boleh dipakai buat mandi? Kan seger abis capek-capek daki gunung, bisa langsung mandi di danaunya. Tau nggak kenapa nggak boleh? Karena saat naik gunung, kita minum air ya dari air danau. Emang kamu mau minum air bekas air mandimu sendiri, yang udah terkontaminasi sama sabun?

Saat buang hajat, kamu tau bahwa kamu harus menggali lubang yang dalam, lalu menguburnya lagi

via phinemo.com

Kamu yang cinta tanah air dan alam Indonesia punya kesadaran untuk menjaga kebersihan lokasi pendakianmu dengan nggak membuatnya menjadi area yang jorok dan bau dengan kotoran manusia yang berceceran di mana-mana. Kucing aja tau, kalau buang hajat harus di gali dulu, malu dong sama kucing.

Emang ada pendaki yang buang hajat sembarangan? Banyak. Padahal untuk buang hajat sendiri kamu harus menggali lubang dengan kedalaman kurang lebih 10 cm lalu menguburnya lagi, galinya bukan pakai tangan ya guys tapi palai alat ulut.

Kamu dengan sukarela ikut berpartisipasi dalam aksi sapu jagad ‘Bersih Gunung’

via www.trashbagcommunity.com

Saat para pendaki gunung dadakan yang cuma pengen eksis doang, ninggalin setumpuk sampah di atas gunung, setelah foto-foto dan update di sosial media. Kamu justru dengan sukarela dan sadar mau mendaki gunung cuma untuk membersihkan sampah-sampah yang berserakan di atas, bersama teman-teman lain yang memiliki kesadaran yang sama denganmu.

Itulah 5 tindakan saat naik gunung yang menunjukan kamu cinta tanah air. Di antara poin-poin di atas, ada yang pernah kamu lakukan nggak?

Komentar

Reaksimu?

0 0
Penulis

Lupa Password

Silahkan masukkan nama pengguna atau alamat email anda. Anda akan menerima link untuk membuat kata sandi baru melalui email.