4 Hal Ini Buatmu Ragu Ungkapkan Rasa Sayang Pada Orangtuamu. Yuk, Mulai Sekarang Tak Perlu Ragu!

Jarang mengungkapkan rasa sayang kepada ayah dan ibu? Mungkin inilah hal yang selama ini mengganjal hatimu, I love you, Ayah dan Ibu!

4 Hal Ini Buatmu Ragu Ungkapkan Rasa Sayang Pada Orangtuamu. Yuk, Mulai Sekarang Tak Perlu Ragu!
Sumber: https://unsplash.com/photos/DZ0WPLmvK_c

Orangtua memang menjadi salah satu sumber kebahagiaan dalam kehidupan. Mulai dari masih kecil hingga sekarang ini, ayah dan ibu tak henti-hentinya berusaha memberikan yang terbaik untuk anak-anaknya. Termasuk bekerja hingga larut malam atau sampai mengorbankan waktu istirahat mereka, agar semua kebutuhanmu tercukupi. Saat kecil dulu, kamu mungkin tak ragu untuk mengungkapkan rasa sayangmu pada ayah dan ibu secara langsung. Bahkan di depan umum sekalipun. Seperti bilang ‘I love you, Ayah dan Ibu!” atau sekadar ucapan terima kasih atas kebaikan mereka yang membelikanmu sesuatu.

Namun seiring bertambahnya umurmu, kamu jadi jarang mengungkapkan rasa sayangmu kepada mereka. Padahal jauh di lubuk hatimu, kamu ingin sekali mengungkapkan rasa sayangmu. Hanya saja selalu tertahan atau menguap begitu saja. Buat kamu yang udah mulai jarang mengungkapkan rasa sayang kepada ayah dan ibu, mungkin inilah hal-hal yang selama ini mengganjal hatimu.

Adanya anggapan bahwa mengungkapkan kasih sayang pada orangtua itu tanda bahwa kamu masih kecil

Sumber: https://unsplash.com/photos/c8fqnOrzGAE

Coba kamu sedikit menengok ke belakang. Masa di mana kamu masih duduk di bangku kanak-kanak. Kamu pasti selalu mencari ayah atau ibumu saat pertama kali pulang ke rumah. Alam bawah sadar dan fisikmu selalu menempatkan mereka berdua pada urutan pertama, sehingga selalu mencarinya saat tak ada di dekatmu.

Melihat semua pengorbanan ayah dan ibu yang tak terhitung lagi, selalu ada dorongan untuk membalasnya suatu hari nanti. Kamu juga pasti udah mempunyai rencana untuk sekadar bilang “Makasih Yah, Bu”. Namun hal itu selalu saja tak pernah terjadi karena kamu takut dianggap anak kecil. Kamu yang kini udah menginjak bangku sekolah menengah pertama atau bahkan tingkat atas merasa malu jika masih dianggap anak kecil seperti dulu.

Saat ingin mengungkapkan kasih sayang pada ayah dan ibu, rasa gengsimu mendadak tinggi

Sumber: https://unsplash.com/photos/DZ0WPLmvK_c

Salah satu hari spesial untuk ayah dan ibu sebentar lagi akan datang. Entah hari ulang tahun atau hari jadi pernikahan mereka, kamu udah menyusun rencana untuk persiapan. Kamu bahkan udah menabung untuk membelikan sesuatu pada mereka berdua. Saat hadiah udah kamu beli, rasa gengsi selalu saja menghampirimu. Kamu yang awalnya berniat penuh memeluk dan mengucapkan selamat ulang tahun atau hari jadi, mendadak tak berani lagi. Akhirnya kamu hanya meletakkan hadiah itu di meja makan, sambil menempel post it tanpa mengucap sepatah katapun.

Lingkungan di sekitar yang tidak mendukung. Kamu pun jadi segan menunjukkan rasa sayang secara langsung

Sumber: https://unsplash.com/photos/7noZJ_4nhU8

Lingkungan di sekitar juga turut punya andil dalam hal ini. Kalau keluarga atau teman-temanmu tak memiliki budaya mengungkapkan rasa sayang secara langsung ini, kamu mau tidak mau jadi terpengaruhi. Bertahun-tahun kamu hidup di lingkungan ini, akhirnya kamu tumbuh menjadi pribadi yang jarang mengungkapkan rasa sayang itu. Satu hal dari lingkungan yang paling kamu takuti. Kamu paling takut diejek dan tak diterima dalam lingkar pergaulan di dalamnya. Karena itulah kamu jadi menahan untuk mengungkapkan rasa sayangmu kepada ayah dan ibu. Padahal ayah dan ibu udah berjuang sampai tetes keringatnya tak keluar lagi untuk memenuhi kebutuhanmu selama ini.

Kehabisan cara untuk mengungkapkannya secara biasa. Bagimu sekadar ucapan saja tak cukup sebanding dengan pengorbanan mereka untukmu

Sumber: https://unsplash.com/photos/qy7pVpp3ry8

Ada satu hal lagi yang buatmu ragu untuk mengungkapkan rasa sayang itu. Kamu selalu kehabisan cara bagaimana melakukannya. Kamu tahu ayah dan ibumu sudah memberikan semuanya yang terbaik untukmu. Untuk itu kamu memikirkan bagaimana caranya membalas itu semua dengan cara yang tak biasa. Seperti misalnya kini kamu belajar rajin agar esok bisa menjadi sosok yang diharapkan orangtua. Namun hal itu pun masih belum kentara menunjukkan rasa sayangmu ke mereka. Hingga akhirnya kamu jadi terlalu lama berpikir dan membiarkan waktu menguap begitu saja.

Sebenarnya kamu tak perlu ragu untuk mengungkapkan rasa sayangmu secara langsung ke ayah dan ibu. Hal-hal di atas memang berat untuk dilewati, tapi bukan berarti kamu jadi tak bisa ungkapkan rasa sayangmu ‘kan? Fase mengalami keraguan untuk ungkapkan rasa sayang memang wajar terjadi di umurmu yang sekarang. Agar hal-hal yang bikin rgau itu bisa terlewati, kamu hanya butuh keyakinan. Kamu harus yakin pada dirimu sendiri bahwa rasa ragu, segan ataupun malu bisa kamu lewati. Demi sebuah ungkapan rasa sayang yang tulus ke ayah dan ibu atas semua pengorbanan mereka selama ini.

Sebagai permulaan, kamu bisa lho memanfaatkan media sosial sebagai wadahmu untuk ungkapkan rasa sayang. Kamu bisa berlatih ungkapkan rasa sayangmu ke ayah dan ibu dengan cara unggah fotomu bersama ayah dan ibu (atau salah satu dari mereka) ke Instagram. Jangan lupa tuliskan apa yang ingin kamu sampaikan ke mereka pada captionnya. Sertakan juga hashtag #MyParentMyEverything dan #KerudungSekolahZoya, biar Zoya dan teman-teman yang lainnya turut merasakan kekuatan rasa sayangmu kepada ayah dan ibu. Lihat cara lebih lengkapnya di Instagram @KerudungSekolahZoya ya!

Yuk mulai dari sekarang tak perlu ragu lagi ungkapkan rasa sayangmu kepada ayah dan ibu!

 

Komentar

Reaksimu?

5 1
Penulis

Lupa Password

Silahkan masukkan nama pengguna atau alamat email anda. Anda akan menerima link untuk membuat kata sandi baru melalui email.